Puluhan Masyarakat Datangi Kantor Kacabjari Tarempa, Minta Tetap di Proses Hukum

oleh -382 views

ANAMBAS-ZONASIDIK.Com I Puluhan masyarakat Desa Langir, Kecamatan Palmatak Kabupaten Kepulauan Anambas mendatangi Kantor Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Natuna di Tarempa. Mereka meminta kepastian hukum tentang dugaan mark up anggaran dana desa. Selasa (25/6/2018).

Perwakilan masyarakat Desa Langir, Raul menuturkan bahwa kedatang puluhan warga terkait untuk follow up atas laporan sebelumnya mengenai dugaan penyalahgunaan anggaran dana desa dari kegiatan penimbunan lapangan bola kaki di Desa Langir tahun anggaran 2018.

“Tujuan masyarakat adalah meminta kepastian hukum atas laporan kami bulan 4 (empat) 2019,” Tegas Raul di Kantor Kacabjari Natuna di Tarempa.

Menurutnya, kalau dana desa tidak boleh diproyekkan dan tidak boleh dikerjakan oleh kepala desa sendiri.

“Kegiatan tersebut dikerjakan oleh perusahan yang menggunakan alat berat dengan anggaran yang begitu besar,”Jelas Raul.

Sementara itu, Ade Suganda, Kasubsi Pidum Cabjari Natuna di Tarempa mengatakan Terkait laporan masyarakat sudah kita panggil langsung baik kepala desa dan kontraktor pelaksana.

“Kami sudah lakukan wawancara, ini tahap awal belum tahapan penyidikan, kemungkinan akan dikembalikan kelebihan bayar atas pekerjaan tersebut, untuk nominalnya kita belum tahu berapa, mengacu pada perda, tentang Standar Satuan Harga (SSH),” Terangnya.

Lanjut Ade, kelebihan bayar atas kegiatan penimbunan lapangan bola kaki di Desa Langir akan dikembalikan ke kas desa.

“Ada kelebihan bayar, untuk nilainya berapa kita akan hitung”, dan uang itu akan dikembalikan ke kas desa,” kata Ade.

Terkait permintaan masyarakat Desa Langir agar persoalan tersebut tetap diproses ke hukum, Ade mengatakan akan menyampaikan kepada pimpinan.

Sebelumnya, hampir 30 orang masyarakat desa Langir mendatangi kantor inspektorat Kabupaten Kepulauan Anambas untuk mempertayakan sejauh mana hasil pemerikasaan penggunaan dana desa yang dilakukan inspektorat. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *