Isi Deklarasi Bersama, Tolak Penggunaan Kantong Plastik

oleh -359 views

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Deklarasi penolakan penggunakan kantong plastik dilaksanakan di pasar Tradisional Tarempa, Kecamatan Siantan, Minggu (25/8/19).

Deklarasi ini dihadiri Kapten Laut (T) Budi Hartoyo selaku Pasporgar, mewakili Komandan Lanal Tarempa, Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional Pekanbaru (LKKPN) Satuan Kerja (Satker) Taman Wisata Perairan (TWP) Kepulauan Anambas Agung Putra Tama, Kepala Bidang (Kabid) Nelayan Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas Syamsu Herman, Pj Kepala Desa Tarempa Barat, Heri Yusman.

Pencanangan pasar Ikan Kecamatan Siantan menjadi pasar ikan bebas kantong plastik digagas oleh Koperasi Unit Desa (KUD) Tarempa bersama Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).

Sebelum deklarasi, pasar ikan Kecamatan Siantan diresmikan oleh Kapten Laut (T) Budi Hartoyo selaku Pasporgar, mewakili komandan Lanal Tarempa.

“Bismillahirrahmanirrahim, dengan mengucapkan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa pasar ikan Kecamatan Siantan resmi menjadi pasar ikan bebas dari kantong plastik,” ungkap Kapten Laut (T) Budi Hartoyo kepada seluruh peserta yang hadir.

Isi surat deklarasi dibacakan oleh Supardi yang akrab disapa Edi londo selaku Wakil Ketua HNSI KKA dan diikuti oleh ratusan peserta yang hadir.

Berikut isi deklarasi bersama yang dibacakan :

1. Mengingat pentingnya menjaga kebersihan lingkungan hidup, kesehatan masyarakat dan ekosistem laut dalam kehidupan, maka kami menyatakan dengan tegas menolak penggunaan kantong plastik di pasar ikan Kecamatan Siantan khususnya dan umumnya di Kabupaten Kepulauan Anambas.

2. Dalam rangka mendukung keberhasilan pemerintah pusat dan pemerintah daerah Kab. Kep. Anambas untuk mengatasi permasalahan sampah plastik.

3. Dengan ini kami bersepakat untuk melakukan upaya yang sungguh-sungguh dan mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah pembacaan deklarasi bersama, pantauan media Zonasidik.Com, masing-masing tamu yang diundang meneken surat deklarasi tersebut. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *