Aktivis Kemanusiaan NGO SEBORA Ajak Elemen Masyarakat Aktif Lakukan Donor Darah

oleh -365 views
Sisworo pengurus NGO SEBORA Kecamatan Palmatak saat melakukan donor darah secara rutin di UPT Rumah Sakit Umum Daerah Palmatak.

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Aktivis Kemanusiaan Non Goverment Organizer- Seni, Sosial Budaya dan Olahraga (NGO SEBORA) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Sisworo mengajak seluruh elemen masyarakat menjadi pendonor darah secara rutin.

Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan darah yang jumlahnya sangat tidak berimbang dengan kebutuhan pasien di rumah sakit.

” Kita memang berharap dan mengajak keaktifan seluruh komponen masyarakat agar terlibat aktif melakukan donor darah seperti yang kita lakukan. Sebab dalam beberapa kasus urgent, pemenuhan darah tidak mungkin dapat dipenuhi dengan cepat dan mudah lantaran terbatasnya stok darah di rumah sakit,” kata Sisworo pada zonasidikcom, Rabu (23/10/19).

Ia menuturkan bahwa selama ini NGO SEBORA KKA dalam misi kemanusiaan terus berupaya dan membantu masyarakat ketika membutuhkan darah.

” Kalau sudah menghubungi kita berarti pihak keluarga sudah tidak tercover lagi atau kebutuhan darah itu sifatnya urgen yang butuh cepat,” jelasnya.

Oleh karena itu, menurut Ia, NGO SEBORA berharap adanya perhatian pemerintah daerah dan aktivis kemanusiaan agar berperan aktif untuk dapat bekerjasama demi pembangunan manusia yang lebih baik di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Selain keaktifan dari aktifis kemanusiaan, kita berharap keaktifan pemerintah daerah untuk menyediakan layanan donor darah,” harapnya.

Menurut Ia, pihaknya berharap adanya bank darah dan keaktifan pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) KKA.

Selain itu, kata Ia, pemerintah daerah melalui dinas terkait agar dapat melakukan kampanye atau aksi gerakan donor darah.

“Gerakan donor darah tentu diawali dengan ketersediaan tempat penyimpanan darah tersebut, sebab banyak yang mau melakukan donor darah tapi pihak Rumah Sakit Lapangan Palmatak hanya mampu menyimpan 12 kantong darah. Selain itu, libatkan ASN dan honorer untuk mendonorkan darahnya, sebab ASN dan honorer sejauh yang kita ketahui sangat antusias dalam hal ini,” tuturnya.

Ia menambahkan, dengan keaktifan pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat secara sukarela dapat menolong masyarakat sewaktu-waktu ketika membutuhkan darah saat dirawat di rumah sakit.

Ia juga menyampaikan manfaat usai melakukan donor darah sangat baik untuk kesehatan dan kepuasan bisa membantu sesama.

” Secara fisik, alhamdulillah badan tambah baik. Kalau secara batin ada kepuasan tersendiri sebab bisa bermanfaat bagi sesama walaupun belum tentu mampu menyembuhkan atau mengurangi beban saudara kita,” tutupnya.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *