Dinilai Banyak Masalah, Puluhan Warga Datangi Pembangunan Puskesmas Palmatak

oleh -1.292 views

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Proyek Pembangunan Puskesmas Palmatak, di Desa Putik, Kecamatan Palmatak dinilai bermasalah.

Pembangunan yang bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi bernomor kontrak; 03/SP-PKM.PLMTK/DINKES.PPKB/22.01/DAK/06.2019 dengan nilai kontrak: Rp 8.215.076.431 tersebut di datangi puluhan warga.

Pantauan awak media di lapangan, beberapa perwakilan Desa di Kecamatan Palmatak mendatangi pembangunan puskesmas yang sedang berlangsung untuk meminta tanggung jawab kontraktor pelaksana yaitu CV. Karya Grup selaku pemenang tender dan CV. Java Bima Citra sebagai konsultan pengawas.

Rudi, salah satu tokoh masyarakat menjelaskan bahwa pembangunan puskesmas Palmatak banyak kesalahan.

“Pembangunan ini bermasalah, ditambah kontraktor jarang berada di tempat dan pengawas juga jarang berada di tempat sehingga pembangunan tidak sempurna,” sesal Rudi, Rabu, (08/01/2020) di lokasi pembangunan puskemas Palmatak.

Menurut Rudi pekerjaan yang bermasalah tersebut yaitu pada pemasangan keramik dan fapingblok.

“Keramik banyak yang longgar dan juga fapingblok yang dipasang tidak sempurna, banyak fapingblok yang turun naik sehingga bisa menjadi tempat genangan air,” jelasnya.

Sambung Rudi, yang paling dikhawatirkan adalah tower penampungan air terlalu berdekatan dengan bangunan puskesmas.

“Andai airnya melimpah langsung mengenai dinding puskesmas hingga nanti bisa membuat dinding tersebut cepat rusak dan juga limpahan air masuk melalui gorong-gorong dampaknya lebih mengkhawatirkan bisa menimbulkan pencemaran lingkungan itu sendiri,” ungkap Rudi.

Pada saat itu, Dodi sebagai pihak yang bertanggung jawab dan sekaligus kontraktor pelaksana dari CV. Karya Grup tidak berada di tempat, sehingga masyarakat meminta pekerjaan tersebut di hentikan sementara waktu.

“Kita minta pekerjaan ini dihentikan dulu sampai menunggu dia (Dodi) pulang untuk menjelaskan ini, sehingga selesai,” tegasnya.

Sementara itu, Wira Selaku PPTK pada saat di mintai keterangan menjelaskan bahwa pihaknya akan meminta penjelasan dari pihak pelaksana.

“Selaku PPTK saya juga menunggu Dodi selaku kontraktor dan juga kepada konsultan pengawas untuk menjelaskan bagaimana tanggapan dari mereka,” jelasnya.

Dirinya berharap permasalahan tersebut dapat di selesaikan secara baik, sehingga pembangunan dapat selesai tepat waktu.

Terpantau hadir saat itu, Gunawan Husen Plt Polsek Palmatak beserta anggota, Babinsa dan masyarakat yang hadir lebih kurang 20 orang.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *