Kepala DP3 Lakukan Konsolidasi “Meja Makan” Dorong Pembangunan Perikanan Di Pusat

oleh -331 views

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan (DP3) Kabupaten Kepulauan Anambas Effi Sjuhairi mengundang instansi dan ‘stakeholder’ (pemangku kepentingan) di kelautan dan perikanan berbincang-bincang untuk menyelesaikan berbagai persoalan sambil makan.

Kali ini, Effi mengundang Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru di Kementerian Keluatan dan Perikanan, Fajar Kurniawan.

Selain itu, Effi juga mengundang Satuan Kerja Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Tarempa di Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Widodo, Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau, Kadarisman Usman dan Pengurus Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas.

Sop ayam dan nasi goreng menjadi menu sarapan mereka. Effi, memulai pembicaraan terkait percepatan pembangunan infrastruktur perikanan yang diusulkan masih belum terealisasi di kementerian kelautan dan perikanan (KKP) RI sambil sekali-kali melepaskan senyum canda.

Seusai makan, Effi menjelaskan bahwa Kabupaten Kepulauan Anambas khususnya di sektor kelautan dan perikanan butuh dukungan rekan-rekan dipusat agar dapat mewujudkan kesejahteraan nelayan dan masyarakat secara umum.

” Saya mohon dukungan Bapak-Bapak, dimana sebelumnya saya sudah masukan beberapa proposal di KKP untuk beberapa program di Anambas, seperti pembangunan cold storage berkapasitas 100 ton satu paket dengan Air blast freezing (ABF), Bantuan Mesin Ice Flake, bantuan nelayan tangkap dan budidaya, pembangunan sentra kelautan dan perikanan terpadu (SKPT), pembangunan tempat pelelangan ikan (TPI), pembangunan pelabuhan perikanan nusantara (PPN) dan beberapa lainnya,” kata Effi, Minggu (15/3/2020) di Bay Hill Cafe.

Selain hal tersebut, sambung Effi, mewakili pemerintah daerah, DP3 Kabupaten Kepulauan Anambas beberapa kali menyurati KKP RI terkait percepatan infrastruktur perikanan dan persoalan nelayan, diantaranya kehadiran kapal cantrang di Laut Natuna Utara.

Oleh karena itu, Effi mengatakan, Dirinya beserta staf terus bekerja dan bergerak untuk menyakinkan Pemerintah Pusat dan Provinsi Kepulauan Riau terkait beberapa usulan yang disampaikan.

” Kami terus melakukan upaya-upaya menyakinkan KKP, berbagai cara akan kami tempuh dan termasuk meminta dukungan dari DPR RI Dapil Kepulauan Riau untuk mendorong usulan kita,” ujarnya.

Seperti halnya Effi, Fajar Kurniawan Kepala LKKPN Pekanbaru Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut di Kementerian Kelautan dan Perikanan mengatakan
siap membantu DP3 Kabupaten Kepulauan Anambas agar dapat mempercepat realisasi segala usulan yang dibutuhkan untuk kemajuan di sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Kepulauan Anambas.

” Selain memasukan proposal usulan, perlu argumentasi yang kuat menyakinkan pemangku kebijakan di KKP RI, kesempatan yang ada harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menyampaikan langsung kepada mereka, seperti kunjungan mereka pada program Gerbangdutas yang akan dilakukan besok,” terangnya.

Terlihat yang lainpun terasa akrab, dengan saling koordinasi menyampaikan usulan dan mencari solusi terkait persoalan yang ada sambil menikmati hidangan di meja makan dan ditemani dengan pemandangan yang indah dari atas perbukitan.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *