Effi Sjuhairi: Cold Storage dan ABF Solusi untuk Nelayan Anambas

oleh -311 views
Effi Sjuhairi Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas meninjau Pasar Ikan di Pasar Tradisional Tarempa, Jum'at (20/3/2020) pagi.

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan (DP3) Kabupaten Kepulauan Anambas Effi Sjuhairi meninjau Pasar Ikan di Pasar Tradisional Tarempa, Jum’at (20/3/2020) pagi.

” Saya kesini sebenarnya ingin mengetahui hasil tangkapan nelayan, angin teduh tapi kenapa tangkapan berkurang, apa permasalahannya, kita akan bantu carikan solusi untuk kedepan nya.” kata Effi, saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp.

Effi mengatakan, wabah virus corona (COVID-19) juga berpengaruh kepada perekonomian masyarakat nelayan di Kabupaten Kepulauan Anambas.

” Saya dapat info, angin teduh, cuaca bagus tapi kok ikan dipasar berkurang, ternyata persoalan virus corona berpengaruh terhadap daya tangkap nelayan dan pastinya akan berpengaruh terhadap perekonomian mereka,” ungkap Effi mantan kepala Dinas PUPR Kabupaten Kepulauan Anambas tersebut.

Effi menambahkan berdasarkan informasi yang didapat bahwa nelayan tangkap membatasi jumlah tangkapan nya, volume tangkapan hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari.

” Info yang saya dapat, nelayan nangkap ikan hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari tidak lebih,” sebutnya.

Hal tersebut, menurut Effi, dikarenakan para pelaku usaha perikanan untuk sementara waktu tidak membeli hasil tangkapan nelayan.

” karena pengempul dah stop beli untuk sementara ini, jadi kalau tangkapan lebih khawatir ikan banjir dan harga murah,” terangnya.

Oleh karena itu, Effi mengatakan pembangunan cold storage dan air blast freezer (ABF) menjadi solusi terkait keluhan nelayan.

” Ini lah gunanya cold storage, kita berharap pemerintah pusat bisa memahami keadaan kita ini, dan tentunya kita berharap bantuan cold storage dan ABF yang dijanjikan dapat trealisasi di tahun anggaran 2020 ini,” harapnya.

Sesuai arahan Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, Effi mengatakan Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan selalu memonitor perkembangan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat petani dan nelayan atas dampak dari wabah virus corona.

Effi Sjuhairi mengatakan, bahwa Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris sudah melakukan koordinasi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan terkait pembangunan cold storage dan air blast freezer (ABF) di Kabupaten Kepulauan Anambas.

” Bapak Bupati sudah menyampaikan permohonan bantuan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan agar bantuan pembangunan cold storage dan ABF dapat teralisasi di tahun 2020 ini juga dan jika ada persyaratan yang kurang akan segera kita penuhi,” terangnya.

Soal kesiapan pemerintah daerah untuk pembangunan cold storage dan ABF bantuan dari KKP RI, Effi mengatakan bahwa syarat yang diminta sudah hampir rampung.

” Lahan sudah kita siapkan, instalansi listrik juga kita siapkan, untuk DED nya kalau diminta akan kita siapkan di APBDP tahun ini,” tutupnya.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *