Memutus Penularan Covid-19, Puskesmas dan RSUD Tarempa Buka Posko dan Rapid Test Gratis

oleh -193 views
Januardi Kepala Puskemas Tarempa. Sumber foto: Istimewa

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Dalam memutus penularan Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Anambas, Puskesmas bersama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarempa menyediakan layanan posko informasi dan sekaligus melakukan rapid test gratis.

“Posko ini dibuka untuk mengakomodir dan menjawab kebutuhan masyarakat yang tidak mengerti, termasuk bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan ke luar wilayah Kepulauan Anambas. Kegiatan ini merupakan inisiatif Puskesmas dan pihak RSUD Tarempa,” ujar Januardi Kepala Puskemas Tarempa, kepada awak media, Jumat (05/06/2020).

“Berdasarkan surat gugus tugas nomor 5 itu klasifikasi masyarakat yang bisa melakukan rapid test untuk berangkat, jadi di sini kita jelaskan agar masyarakat tidak bingung, jadi pusatnya hanya satu posko ini aja,” sambungnya.

Januardi menjelaskan bahwa posko pelayanan ini dibuka sejak pukul 09.00-14.00 Wib. Akan ada 6 tim medis yang berjaga setiap harinya. Posko ini terletak di halaman depan Dinas Kesehatan, jalan Imam Bonjol, Kecamatan Siantan. Selain itu posko pelayanan ini juga menyediakan rapid test bagi masyarakat yang akan berangkat.

Sebelum melakukan rapid test, masyarakat harus mendapatkan surat rekom dari lurah atau kepala desa. Itupun harus masyarakat yang memiliki kepentingan mendesak dan benar-benar harus berangkat.

“Ini masyarakat yang tidak memiliki atasan langsung, kita akan merapid tapi khusus tidak sembarang masyarakat yang bisa,” ungkapnya.

Sementara itu bagi ASN, TNI dan Polri harus memiliki surat tugas sebelum melakukan rapid test, maka dari itu pihaknya sudah koordinasi dengan Lurah dan Kepala Desa.

“Kita sudah koordinasi dengan lurah dan kades, kita minta kepada kades dan lurah jangan sembarang untuk mengeluarkan surat rekomendasi bagi warga yang mau berangkat,” ujarnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *