Kecamatan Siantan Utara, Bakal Terwujud Tower Telkomsel

oleh -154 views
Ilustrasi Tower Yang Akan Dibangun

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas mengadakan rapat dengan Kepala Desa Mubur terkait Rencana Pembangunan Tower Telkomsel di Kecamatan Siantan Utara, Rabu (30/09/2020).

Dalam rapat tersebut, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Japrizal, S.Kom.MA., dalam paparannya menyampaikan usulan Pemerintah Daerah kepada operator telekomunikasi sebelumnya yaitu ke operetor Telkomsel,  XL Axiata dan Smarftren  upaya berulang kali terus disampaikan permohonan agar dapat terakses sinyal.

“Pihak Telkomsel akan melakukan survey beberapa usulan kordinat yang telah di sampaikan. Dalam pertemuan tersebut juga membahas hal hal teknis dan kesiapan diskominfo dan desa untuk turun kelapangan melihat kondisi langsung lahan seperti apa di lokasi dan di laporkan secara teknis oleh tim survey dibawa ke regional Sumatera Bagian Tengah di Pekan Baru dan Batam Kepri.

Terkait lokasi pembangunan tower tersebut sebelumnya juga sudah pernah dilakukan survey oleh pihak PT. Telkomsel dan Diskominfotik dan mendapatkan titik koordinat. Namun lokasi tersebut berada di tanah wakaf. oleh karena itu, pihak desa melakukan usulan 2 titik koordinat yaitu di lokasi tanah wakaf dan di sekitar area kantor desa.

Jeprizal, S.Kom.MA menyebutkan, Setelah didapatkan titik koordinat usulan dari pihak desa, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, Kepala Desa Mubur dan PT. Telkomsel akan melakukan video conference untuk kepastian lokasi yang diusulkan oleh Kepala Desa Mubur.

Kepada awak media, Ia menjelaskan, usulan ini sudah disampaikankan oleh Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, SH terakhir di bulan Agustus kemarin melalui vicon bersama Deputi Kemenkopolhukam Republik Indonesia, Telkom dan Telkomsel dan juga vicon bersama Kedeputian Kemenkomaritim Republik Indonesia dalam upaya pemda terus melakukan perluasan peningkatan akses telekomukikasi seperti aksesnsinyal wifi Bantuan BAKTI Kemenkominfo Republik Indonesia.

“Terutaman kebutuhan sinyal 4G operator untuk melayani masyarakat perbatasan yang sekarang kita rasakan sudah semakin meningkat sinyal 4G Lte operator di beberapa kecamatan dan desa saat ini, dan terus kita lakukan untuk lokasi lokasi desa yang sinyalnya yang lemah,” Ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Mubur, Aryadi menyebutkan akan segera melakukan pendataan titik koordinat di desa mubur yang akan diusulkan kepada pihak Telkomsel nantinya.

Aryadi juga berharap agar pembangunan tower tersebut bisa segera terealisasi, sehingga dapat mempermudahkan masyarakat dalam berkomunikasi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *