49 Peserta Lulus Tour Guid Akan Jadi Garda Terdepan Pariwisata

oleh -306 views

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Puluhan peserta Tour Guid lulus dalam Bidang Kepemanduan Wisata yang diselenggarakan atas kerja sama LSP Pariwisata Barelang International dengan Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata Deputi Bidang sumber daya dan kelembagaan di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Terdapat 49 peserta lulus setelah mengikuti tes wawancara yang dilakukan oleh tim penguji kopetensi dari LSP Barelang International dan sertifikat sertifikasi tour guide yang didapatkan menunjukan bahwa mereka sudah diakui oleh instansi.

Ketua HPI DPC Kepulauan Anambas, Toni sebelumnya mengucapkan selamat kepada peserta yang telah lulus Tour Guid, “semoga sertifikat yang didapatkan bisa digunakan sebaik-baiknya dan yang paling penting bukan sekedar sertifikat nya, tapi juga harus terus mengupgrade pengetahuan dari para Tour Guidenya,” ucap Toni kepada awak media, Senin 10 Desember 2020.

Lebih jauh ia mengatakan tugas utama Tour Guide pastinya menjadi salah satu garda terdepan pariwisata. Dimana mereka harus menjaga nama baik pribadi, organisasi yaitu HPI, dan juga nama baik daerah.

“Karena baik buruknya penilaian wisatawan terhadap suatu daerah juga tergantung dari apa yang disampaikan dan di perlihatkan oleh tour guide,” ucapnya.

“Oleh karena itu, menjadi tour guide bukan hanya bisa berbicara depan orang banyak tapi juga harus mempunyai attitude yang baik, untuk yang diharapkan kepada kawan-kawan tour guide yang sudah dapat sertifikat sertifikasi ini,” sambungnya.

Toni berharap untuk semua peserta yang lulus tidak ada yang melanggar kode etik. “Jika nanti ada yang melanggar, maka akan diproses oleh dewan kode etik dimana sanksi terberat jika terbukti adalah pengusulan pencabutan ijin operasional dan pencabutan kartu tanda pengenal pramuwisata kepada pemerintah,” tegasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *