Tingkatkan Akses Sinyal, Diskominfotik Anambas Bersama Pihak Telkomsel dan PT. Telkom Indonesia Lakukan Survei Lokasi

oleh -214 views

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Kebutuhan akses telekomunikasi saat ini sangat berperan penting bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi maupun sebagai penunjang perekonomian dan sebagai sarana penunjang bagi siswa-siswi dalam akses pembelajaran secara daring pada mada pandemi Covid 19 ini.

Hal ini lah yang dirasakan oleh masyarakat Desa Nyamuk Kecamatan Siantan Timur yang mana di daerah tersebut masih sangat minim akses telekomunikasi (Internet cepat), sehingga menjadi kendala bagi guru, siswa-siswi dalam melaksanakan proses belajar secara daring.

Salah satu siswi SMA Kecamatan Siantan Timur, Sariana saat diwawancarai menyebutkan bahwa ia rela pergi ke salah satu bukit dengan jarak kurang lebih 2 Km untuk mendapatkan akses Internet agar dapat menyelesaikan tugas sekolah online.

“Dibawah sinyal lemah, tidak bisa digunakan untuk akses Internet sementara kami harus menyelesaikan tugas secara online, makanya kami k sini,” ujarnya.

Pemerintah Daerah terus berupaya, baik berkoordinasi, meyakinkan maupun mengajak pihak Operator agar dapat membantu dalam peningkatan akses telekomunikasi di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Merespon baik harapan Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam upaya peningkatan dan pemerataan akses telekomunikasi di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, Pihak Telkomsel dan PT. Telkom Indonesia melakukan survei Lapangan disejumlah titik lokasi di Kecamatan Siantan Timur tepatnya di Desa Batu Belah dan Desa Nyamuk, Selasa (22/12/2020).

Dalam kegiatan ini hadir Manajer Network Area Service Telkomsel Kepri Andi Suapril, Supervisor RTPO Telkomsel Tanjungpinang Yurlianda Syahputra Pene, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Japrizal, Camat Siantan Timur, Kabid E-Goverment Ronald, Perwakilan BAPPEDA dan Perwakilan PT. Telkom Indonesia Ekwar.

Survei tersebut untuk melihat langsung lokasi dan lahan yang menjadi rekomendasi dalam perencanaan pembangunan Tower Bantu (Repeater) nantinya dan juga dilakukan penentuan titik koordinat lokasi.

Manajer Network Service Area Telkomsel Wilayah Kepri, Andi Suapril mengatakan bahwa survei yang telah dilakukan merupakan bukti komitmen kepada pemerintah daerah dari Telkomsel bahwa apa yang disampaikan oleh Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH sebelumnya yakni untuk memperbaiki kualitas jaringan seluler di Desa Nyamuk Kecamatan Siantan Timur.

“Kabupaten Kepulauan Anambas semua di Ibu kota Kecamatan, Perangkat Telkomsel sudah kita pasang, semua sudah kita 4G kan dan memang hanya tinggal Desa Nyamuk ibukota kecamatan yang belum 4G karena keterbatasan akses geografis yang tidak memungkinkan terhubungnya Desa Nyamuk ke NOC Palapa Ring Barat,” lanjutnya.

Andi Suapril juga menjelaskan bahwa survei lokasi yang dilakukan untuk menentukan lokasi penempatan Repeater untuk titik yang bisa menghubungkan Desa Nyamuk sampai ke Tarempa.

“Rencana kita nantinya kita membutuhkan 2 lokasi baru untuk Repeater yaitu di Desa Nyamuk dan Desa Batu Belah kemudian baru terhubung ke tarempa, ini merupakan salah satu usaha kita dalam memperbaiki kondisi sinyal di Kecamatan Siantan Timur,” tutupnya.

 

Sumber Dinas Kominfotik Kabupaten Kepulauan Anambas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *