Effi Sjuhairi: Es Balok untuk Kebutuhan Nelayan, Buka Peluang BUMDes

oleh -297 views
Effi Sjuhairi, S.Sos Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas.

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan (DP3) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Effi Sjuhairi mengatakan komoditi es balok untuk memenuhi kebutuhan nelayan melaut membuka peluang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Sebetulnya ini peluang bagi desa setempat untuk mengembangkan BUMDes mereka, keberadaan pabrik es mini bisa menjadi salah satu usaha BUMDes dalam menunjang Pendapatan Asli Desa (PADes),” kata Effi melalui pesan WhatsApp kepada zonasidicom, (12/1/21).

Effi mencontohkan BUMDes Desa Piasan yang memproduksi es balok menggunakan mesin pendingin (freezer) dengan jumlah yang banyak untuk memenuhi kebutuhan nelayan di desanya.

Menurut Effi, keberadaan BUMDes di desa sebagai solusi pemenuhan kebutuhan masyarakat.

“Nah keberadaan BUMDes di desa-desa ini sebagai salah satu solusi, kami Pemerintah Daerah (Pemda) sesuai dengan kewenangan kami masing-masing akan support. Contoh tentang pengelolaan atau manajemen BUMDes nya dibantu Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, kemudian Dinas Koperasi UKM, dan Dinas Perikanan sendiri,” ucapnya.

Terkait pembangunan pabrik es, Effi menuturkan bahwa pemerintah daerah KKA sudah pernah membangun tetapi belum berhasil.

“Kita kan sudah pernah coba bangunkan pabrik es dibeberapa tempat tapi gagal, ini salah satu penyebabnya manajemen pengelolaannya yang mungkin belum tepat,” kata Effi.

Oleh karenanya, sambung Effi, untuk ke depan pengelolaan pabrik es harus di kelola badan usaha sendiri baik dari awal pembangunan sampai dengan beroperasinya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *