Lima Usulan Prioritas Musrenbangdes Teluk Siantan Tahun Anggaran 2022

oleh -159 views
Musrenbangdes Teluk Siantan Berlangsung di Balai Pertemuan Dusun Air Nangak.

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Pemerintah Desa Teluk Siantan Gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) perencanaan pembangunan secara partisipatif di tingkat desa.

Giat berlangsung di balai pertemuan dusun Air Nangak, Desa Teluk Siantan, Kecamatan Siantan Tengah, Rabu (27/01/2021).

Dalam kata sambutan Kepala Desa Teluk Siantan, Ismaya Lokadi mengatakan dilaksanakan Musrenbangdes sebagai bentuk perencanaan pembangunan secara partisipatif di tingkat desa yang melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan desa PKK dan Pemerintahan Desa.

“Untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai, kita harus menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk pembangunan maupun kegiatan lainnya dan menyepakati tim delegasi desa yang akan memaparkan hasil musrenbangdes pada musrenbang kecamatan,” ucapnya.

Dikatakannya, dalam menentukan kesepakatan skala prioritas kebutuhan tersebut akan dihasilkan 3 kesepakatan terkait dengan sumber mata anggaran, yaitu menyepakati prioritas kegiatan mendesak dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat banyak, akan tetapi kegiatan tersebut tidak boleh didanai dari Dan Desa.

Ia menjelaskan untuk menyepakati prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan oleh desa yang akan dibiayai dari ADD, DD dan BHPR dan juga menyepakati prioritas masalah daerah yang bada di desa yang menjadi kewenangan pemerintah daerah maupun pusat.

“Sehingga di Musrenbang kecamatan akan diusulkan menjadi kegiatan yang didanai APBD Kabupaten atau Provinsi dan APBN,” tuturnya.

Adapun hasil kesepakatan Musrenbangdes pada hari ini terdapat lima kesepakatan, yaitu pertama, rehab Pustu air Nangak dan Alkes serta pembangunan Polindes Muntai, kedua, pembangunan gedung Paud Kasih Ibu dan Buah Hati beserta alat bermain dan edukasi (ape) Paud Air Nangak, ketiga, penambahan RKB SDN 07 Muntai di 3 lokasi, keempat, aki pengecas, kotak alat nelayan dan perangkap ikan (bubu) dan yang terakhir kelima, untuk para tani memprioritaskan perangkap kera dan bibi sayur.

“Nanti semua usulan dari musrenbangdes hari ini, akan kita saring. Lima prioritas tersebut akan kita input ke aplikasi SIPD melalui kecamatan dan diteruskan ke Kabupaten,” imbuhnya.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *