Gangguan Layanan Telekomunikasi di Anambas, Ini Penjelasan Kadis Kominfotik Japrizal

oleh -157 views

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Dikabarkan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Fiber Optik Palapa Ring Barat (PRB) 19 km dari arah Batam-Anambas putus yang mengakibatkan layanan telekomnikasi di Kabupaten Kepulauan Anambas terganggu.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan ada gangguan SKKL milik PalapaRing Barat putus, dibagian 19 km dari arah Batam – Anambas. Sehingga performe quality memang ada sedikit penurunan kualitas hingga beberapa hari.

Saat ini, Fiber Optik tersebut sedang di perbaiki dan informasi yang didapat proses recovery memakan waktu lebih kurang 1 bulan.

Hal itu juga berdasarkan pengecekan performance oleh tim dan diakuinya mengalami gangguan. Terjadi penurunan kualitas dengan adanya Telkom mengupdate beberapa parameter di ruas Kalimantan sejak tanggal 25 Januari 2021.

Ia mengatakan, untuk sementara layanan telekomnikasi operator menggunakan kapasitas backup dari pontiana singgawang dialihkan melalui backbone PRB link Pontianak-Natuna-Anambas.

“Semoga proses pekerjaan penyambungan putusnya kabel optik ini dapat segera teratasi, dan layanan sinyal telekomunikasi operasi kembali normal,” harapnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *