Hampir Setengah Tahun Direlokasi, PLTD Desa Serat Tak Kunjung Dioperasikan

oleh -205 views
Jinamo Mesin PLTD yang Direlokasikan oleh PLN melalui ULP Tarempa ke Desa Serat

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Pulau terluar Kabupaten Kepulauan Anambas, Desa Serat Wilayah Kecamatan Siantan Timur hingga kini aliran Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) tak kunjung dioperasikan.

Sebelumnya, PLN melalui ULP Terempa telah merelokasikan PLTD ke 4 Desa wilayah Siantan Timur. Desa Serat, Desa Air Putih, Desa Munjan dan Desa Batu Belah.

Dari keempat desa tersebut, hanya Desa Batu Belah yang telah dioperasikan.

Seorang warga masyarakat enggan disebut namanya kepada awak media pada 18 Maret 2021, mengeluhkan perihal keterlambatan operasi PLTD.

Ia mengatakan, pihak Desa Serat telah menyediakan lokasi rumah mesin dan pihak PLN pun telah merelokasi PLTD. Kondisi mesin yang sampai kurang bagus dan kelihatan masih terpisah. ULP PLN saat itu berjanji akan segera memperbaiki kondisi mesin sebelum dioperasikan.

“ULP Terempa seolah tak serius menanggapi kebutuhan warga, terkesan lamban. Padahal masyarakat sangat berharap agar cepat diaktifkan, mereka telah menghibahkan lokasi rumah mesin,” sebutnya dengan nada kesal.

Lanjut Ia menjelaskan, kedatangan mesin yang direlokasi beberapa waktu yang lalu memang tak layak pakai, masyarakat dijanjikan oleh ULP PLN untuk merehap kembali mesin PLTD.

“Sampai saat ini tidak ada kejelasan terkait progres rehap mesin, jaringan yang telah terpasang pun semakin tak terawat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Serat Antika membenarkan bahwa Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) pada saat ini belum juga dioperasikan. “Pasalnya sudah masuk 5 bulan PLTD itu belum juga dapat digunakan,” ucapnya.

“Kecemasan warga wajar, mereka khawatir apalagi memasuki bulan Ramadhan. Kebutuhan listrik memang prioritas utama masyarakat untuk ibadah,” Kata Antika saat dikonfirmasi.

Kades Antika berharap, ULP PLN Terempa serius menanggapi tuntutan warga. Secara umum menyangkut koneksi jaringan pemerintah Desa serat saat ini, siap memfasilitasi.

Editor | Pinni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *