Dispar Kepri Bersama DPC HPI Anambas Gelar Forum Kelembagaan 2021

oleh -359 views
Ketua DPC HPI, Toni Wiswira (kiri) bersama Narasumber dari Tanjungpinang Raja Mohammad Safahrullah (tengah) Dalam Kegiatan Forum Kelembagaan tahun 2021

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, Dinas Pariwisata Provinsi bekerja sama dengan DPC HPI Anambas menyelenggarakan kegiatan forum kelembagaan 2021, dalam peran serta masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata, Selasa (30/03/2021) di Restoran Siantanur jalan Imam Bonjol, Kecamatan Siantan.

Kegiatan yang telah berlangsung dengan mengusung tema, “Peran Kemitraan Pariwisata Pada Bidang Pemandu Wisata di Kabupaten Kepulauan Anambas” menghadirkan narasumber yang banyak pengalaman di Tanjungpinang, Bintan, dan Batam yaitu Raja Mohammad Safahrullah.

Dalam penyampaian Kepala Dinas Pariwisata yang diwakili oleh Kabid Kelembagaan Dinas Pariwisata Kepri, Handayani menyampaikan dalam peran pariwisata, pemandu wisata sangatlah penting yang merupakan garda terdepan sektor pariwisata.

“Seorang pemandu wisata harus bersifat fleksibel, pemandu wisata bisa mengakomodir keinginan dari parawisata dan partisipan. Dimana pemandu wisata wajib memiliki itenary atau program acara wisata. ” kata Kabid Handayani saat menyampaikan kata sambutan Kepala Dispar Kepri.

Dalam penyampaian pemandu wisata yang sebagai agen sentral dalam sistem pariwisata, agar dapat memenuhi lima tanggungjawab aspek, yaitu memberikan pengalaman yang positif bagi wisatawan (Aspek Spiritual), Menjaga kelestarian dan mempertahankan keberadaan sumber daya destinasi (Aspek Lingkungan), Mempromosikan produk dan jasa lokal (Aspek Ekonomi), Melestarikan kebudayaan lokal (Aspek Budaya), dan Mewujudkan kesejahteraan sosial (Aspek Sosial).

Untuk diketahui bersama, pada tahun 2020 sampai sekarang dunia pariwisata sedang diguncang berbagai cobaan. Virus Corona atau Covid-19 yang membuat kunjungan wisatawan anjlok, Kepri sebagai pintu gerbang wisatawan nomor dua di Indonesia setelah Bali pada tahun 2019 juga terkena akibatnya.

Selain dihadiri pemandu wisata atau guide, juga dihadiri beberapa elemen, antara lain agen travel, pihak hotel, restoran, dan driver Speedboat serta pihak rumah makan dengan narasumber dari Tanjungpinang, Toni Wiswira selaku Ketua DPC HPI Anambas berharap, dengan kegiatan ini akan menjadikan para pelaku wisata semakin menambah bekal serta membangkitkan semangat selama pandemi.

Editor | Pinni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *