Nelayan Anambas Tanyakan Pengawasan, Koordinator Satwas SDKP: Kapal Pengawas Napoleon Sedang Perbaikan

oleh -293 views
Koordinator Satuan Pengawas, Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kepulauan Anambas, Widodo (kanan) bersama Budi Santoso (kiri) selaku BPP Satwas SDKP Anambas (Foto: Pinni)

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Nelayan di Kabupaten Kepulauan Anambas meminta Satuan Tugas (Satwas) SDKP Kepulauan Anambas rutin melakukan patroli. Sebab, sering terjadinya pelanggaran zona tangkap kapal ikan izin pusat.

Humas Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas, Yuni Sahputra mengatakan patroli bertujuan untuk menegakan aturan hukum di laut agar tidak terjadi konflik antar nelayan.

“Idealnya instansi berwenang seperti SDKP Kepulauan Anambas melakukan patroli rutin dan berkelanjutan, selama ini kita belum melihat pengawasan yang dilakukan itu maksimal,” kata Yuni kepada zonasidikcom, Minggu (23/05/2021).

Bahkan, menurut Yuni sudah sekian lama Satwas SDKP Kepulauan Anambas tidak melakukan pengawasan karena terkendala armada patroli yang mengalami kerusakan.

“Kapal pengawasnya lama di pelabuhan Pantai Perikanan Antang, kemarin informasinya rusak, dan sampaikan sekarang masih rusak,” jelasnya.

Sambung Yuni mengatakan, bahwa kekosongan pengawasan di laut berpotensi menimbulkan konflik antar nelayan terkait daerah tangkapan dan menimbulkan kerugian bagi nelayan lokal.

Terpisah, Koordinator Satuan Pengawas (Satwas) Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (SDKP) Kepulauan Anambas, Widodo ketika ditemui diruang kerjanya, Senin (24/05/2021) mengungkapkan pihaknya tetap melakukan pengawasan secara intens.

Diakuinya, saat ini kapal pengawas KP Napoleon 027 dari bulan November 2020 sampai dengan sekarang sedang rusak (docking). Dan dalam proses perbaikan. Perkiraan awal juni baru selesai dan akan mulai operasi patroli kembali.

“Armada kami, yakni KP. Napolen O27 saat ini sedang docking dan sedang proses perbaikan. Namun terkait pengawasan tetap dilaksanakan secara intens,” ungkap Koordinator Widodo didampingi Budi Santoso selaku BPP Satwas SDKP Anambas.

Sementara ini, Kata Widodo untuk pengawasan laut dan patroli, Satwas SDKP Kepulauan Anambas terus berkoordinasi dengan Pangkalan Batam. Pengawasan dan patroli itu selain jalur laut, juga dilakukan jalur udara.

“Saat ini, Kapal Pengawas KP Hiu yang di Pangkalan PSDKP Batam terus melakukan patroli yang bergerak operasi dari Batam ke Natuna dan Anambas,” jelasnya.

Kedepan sambung Widodo, “Kita akan tingkatkan pengawasan, khususnya di Kabupaten Kepulauan Anambas, Satwas SDKP akan bersinergi bersama pihak – pihak yang berwenang. Kita berharap, KP. Napoleon 027 akan segera diperbaiki. Sehingga dapat melakukan patroli laut kembali,” harapnya.

Editor | Pinni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *