Lulus 100 Persen, SMP Negeri 1 Palmatak Umumkan Secara Daring 

oleh -289 views
Kepala SMP Negeri 1 Palmatak, Moh. Muslih, S.Pd saat menitor hasil kelulusan siswa siswi

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Pengumuman kelulusan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Anambas tampak berbeda dari tahun sebelumnya, salah satunya SMPN 1 Palmatak mengumumkan hasil Kelulusan dengan secara online, disebabkan pandemi Covid 19.

Pengumuman kelulusan yang biasanya itu dengan sistem manual menggunakan kertas dan dibagikan langsung kepada siswa, kali ini sistem yang digunakan adalah secara online, atau dengan kata lain pengumuman kelulusan sistem daring.

Kepala SMPN 1 Palmatak, Moh. Muslih, S.Pd saat dikonfirmasi Awak Media, Jumat (4/6/2021) mengatakan, pengumuman kelulusan ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi WhatAuto yang dipakai untuk pengumuman kelulusan sistem daring, sebuah aplikasi balas pesan otomatis.

“Alhamdulillah, sebanyak 87 siswa-siswi kita lulus seratus persen. Hasil kelulusan itu, dapat dilihat langsung oleh siswa melalui aplikasi WhatAuto, mereka cukup mengirimkan pesan WhatsApp yang berisi NISN (Nomor Induk SIswa Nasional) ke nomor yang sudah dikasih, dan akan dibalas otomatis berupa tautan atau link SKL (Surat Keterangan Kelulusan),” kata Kepala Sekolah (Kepsek) Muslih.

Ia menjelaskan untuk terlaksananya pengumuman kelulusan sistem daring ini, tentunya sekolah harus melakukan penginputan data terlebih dahulu. Data yang diinput meliputi keterangan lulus dan nilai siswa. Nilai siswa diperoleh dari nilai rata-rata raport semester 1 sampai dengan semester 6 nilai ujian sekolah, yang rekap oleh wali kelas dibawah koordinasi waka kurikulum.

Proktor SMP Negeri 1 Palmatak, Suhardi, S.Sos saat menginfut nilai siswa-siswi

“Upaya ini merupakan jawaban sekolah atas tantangan pembelajaran era digital dan memenuhi keharusan melaksanakan sistem pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19, menerapkan pembelajaran tatap muka dengan adaptasi kenormalan baru atau new normal, serta menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Selain itu, pelaksanaan pengumuman sistem daring ini merupakan salah satu komitmen sekolah dalam upaya mencapai visi menerapkan pembelajaran berbasis ICT.

Pengumuman kelulusan sistem daring dan aplikasi yang digunakan, Lanjut Muslih mengatakan, ini merupakan yang pertama. “Oleh karena itu, kami hanya memberanikan diri untuk mencoba dan belajar serta mempelajari sendiri. Namun kedepannya kami bertekad untuk menggunakan aplikasi yang dibuat oleh sekolah sendiri,” ucapnya.

Dikatakan Kepsek Muslih, SMPN 1 Palmatak mempunyai keyakinan bisa, dan memiliki SDM yang selalu siap belajar dan ingin mempelajari, salah satu contohnya proktor andalan SMPN 1 Palmatak, yaitu Suhardi, S.Sos yang akrab dipanggil dengan sebutan Bang Har.

“Harapan kami, sekolah dengan segala upaya inovasi yang dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran, dapat mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas unggul dalam IMTAK dan IPTEK. Selain itu, dengan mengemban predikat sebagai sekolah model, jadi kami berharap dan bertekad untuk selalu memberikan contoh, menginspirasi dan dapat memberikan pengimbasan hal-hal baik ke sekolah lain,” tutupnya.

Editor | Pinni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *