SDKP Anambas: Kami Sudah Laporkan Keberadaan Rumpun Ikan Bendera Vietnam

oleh -217 views
Koordinator Satuan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kepulauan Anambas, Widodo (Foto: Pinni)

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Koordinator Satuan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Satwas SDKP) Kepulauan Anambas, Widodo mengatakan sudah meneruskan laporan terkait keberadaan rumpun ikan berbendera Vietnam di Laut Natuna-Anambas Provinsi Kepulauan Riau.

“Informasi ini sudah kami teruskan kepada kapal pengawas dan akan ditindaklanjuti oleh kapal pengawas,” kata Widodo kepada zonasidikcom, Minggu (6/6/2021).

Selain melaporkan kejadian tersebut kepada pangkalan PSDKP Batam, Widodo menjelaskan bahwa pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Satwas SDKP Kabupaten Natuna.

“Lokasi tersebut berada di sebelah Utara Natuna, di Natuna juga ada PSDKP Natuna, kami sudah sampaikan informasi ini ke PSDKP Natuna dan juga ke kapal pengawas,” jelasnya.

Lebih lanjut, Widodo mengatakan bahwa PSDKP senantiasa melakukan kegiatan patroli di laut Natuna Utara.

“Kegiatan patroli pada pertengahan Mei (patroli lebaran) berhasil menangkap 6 kapal Vietnam. Kegiatan patroli pada akhir Mei berhasil menangkap 7 kapal Vietnam dan Malaysia,”

“Selanjutnya kapal-kapal tersebut dibawa ke PSDKP Pontianak untuk di proses hukum selanjutnya,” sambungnya.

Untuk mengoptimalkan pengawasan di perairan Kabupaten Kepulauan Anambas, Widodo mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau di Anambas.

“Kami sudah koordinasi dengan Cabang Dinas Provinsi Kepri, agar kapal patroli dari Cabang Dinas Provinsi bisa melaksanakan patroli,” terangnya.

Saat disingung zonasidikcom, apakah kapal pengawas milik PSDKP akan langsung turun ke lokasi dimana ditemukan rumpun ikan berbendera Vietnam, Widodo mengatakan kapal pengawas berada di bawah kendali Pangkalan PSDKP Batam.

“Arahan Kepala Pangkalan bahwa kapal pengawas diperintahkan menuju lokasi,” tutupnya.

Sebelumnya, beredar video dan foto rumpun ikan berbendera Negara Vietnam di Laut Natuna Utara, di koordinat 5°54°557 N 107°09°200 E yang direkam oleh nelayan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Editor | Pinni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *