Nelayan Anambas yang Hilang Kontak Ditemukan Selamat

oleh -502 views
KM. Singa Laut yang Sempat Hilang Kontak dan Mengalami Kerusakan pada Mesin. Foto: Istimewa

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| KM. Singa Laut yang dikabarkan hilang kontak pada 5 Juni 2021 rute Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas menuju Pemangkat, Kalimantan Barat akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat.

“Alhamdulillah kami dalam keadaan selamat dan sehat, sekitar setengah jam lagi kami sampai di gudang toke (Bos),” kata Arifin selaku nahkoda KM. Singa Laut kepada zonasidikcom melalui sambungan telepon genggam miliknya, Rabu (9/6/2021) pagi.

Arifin menceritakan bahwa kapal motor (pompong) yang dibawanya mengalami kerusakan dan diselamatkan oleh pompong nelayan kijang, Kabupaten Bintan.

“Stater mesin rusak, sekitar empat hari dengan hari ini,” terangnya saat masih dalam perjalanan.

Saat mengalami kerusakan mesin di laut, dirinya sempat bertemu dengan kapal motor nelayan Kijang Kabupaten Bintan yang lainnya. Saat itu, diminta minyak solar 7 drum dan uang 25 juta untuk membatu.

“Saat itu saya bilang kita berunding saat sudah sampai ditujuan, saya belum berani memutuskan karena saya tidak ada uang, dan belum tentu saya setuju, toke saya mau membayar,” ungkap Arifin.

“Jadi katanya, kalau saya tidak mau, ia udah kami tinggalkan, dan akhirnya kami ditinggalkan dalam keadaan rusak mesin,” sambung Arifin.

Arifin juga mengakui bahwa KM. Singa Laut yang dinahkodainya tidak membawa alat komunikasi radio.

“Sebelum berangkat radio mengalami kerusakan di kabel dan tidak berfungsi, makanya kami tinggalkan saja,” kata Arifin.

Arifin mengatakan saat ini dirinya bersama empat Anak Buah Kapal (ABK) serta anak kandungnya satu orang yang masih kecil ikut dalam perjalanan tersebut dalam keadaan sehat.

Editor | Pinni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *