Gelar Webinar, Menparekraf Sandiaga Uno Berharap Anambas Bisa Ditingkatkan

oleh -213 views
Acara Webinar yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian Pengembangan dan Perencanaan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui daring

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Badan Penelitian Pengembangan dan Perencanaan Daerah menggelar Webinar pembangunan kepariwisataan Kepulauan Anambas, Kamis (29/07/2021).

Acara yang berlangsung melalui daring tersebut mengusung tema “Tantangan dan Harapan Pembangunan Kepariwisataan di Kabupaten Kepulauan Anambas”.

Dengan Keynote Speaker Dr. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI dan Narasumber dari CEO Sustainable Management Group, Dr. David Makes, EAM Bawah Reserve, Mursalin Sarujin, SH., CHE., CHA, serta Sekretaris Dewan Kawasan Kepri, H. Syamsul Bahrum, Ph.D.

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara Webinar Pembangunan Kepariwisataan Kepulauan Anambas yang dilaksanakan masih dalam rangka rangkaian HUT Kabupaten Kepulauan Anambas ke 13 yang jatuh pada tanggal 24 Juni 2021.

“Kita patut bersyukur bahwa Kepulauan Anambas dianugrahkan pulau-pulau eksotis sebagaimana yang sudah kita lihat Kepulauan Anambas terdapat 255 Pulau tersebar di laut Anambas, di laut Natuna Utara, dengan pasir pantai yang putih bersih dan terumbu karang yang masih lestari,” jelas Wabup Wan Zuhendra.

Wakil Bupati Kepulauan Anambas juga menyampaikan harapannya melalui webinar ini agar mendapatkan intisari strategis dalam melakukan pembangunan kepariwisataan.

Wan Zuhendra berpesan dalam upaya peningkatan Kepariwisataan Anambas apapun ide dan gagasannya jangan sampai meninggalkan prinsip partisipasi masyarakat dan prinsip daya dukung lingkungan.

Sementara itu, Dr .H. Sandiaga Uno, BBA., MBA pada acara ini selaku Keynote Speaker dalam paparannya membahas mengenai Kebijakan Pengembangan Pariwisata Berbasis Potensi Bahari,  2 Hal Fokus Pembangunan Kepariwisataan RPJMN 2020 – 2024, diantaranya Lama Tinggal dan Pengeluaran Wisatawan.

Sandiaga Uno menjelaskan jenis pariwisata yang akan dikembangkan dan ditingkatkan diverifikasinya adalah wisata alam, wisata berbasis budaya, wisata buatan, wisata yang berpartisipasi aktif, seperti untuk terlibat dalam kegiatan pengembangan pengetahuan, dan kesukarelawan.

Lanjut Sandiaga Uno menjelaskan, “Pariwisata masyarakat sebagai pengelola destinasi pariwisata, seperti agrowisata, kawasan wisata pedesaan dan desa wisata,” tuturnya.

Tren Pariwisata Indonesia kata Sandiaga Uno, kedepan lebih mengarah kepariwisataan yang berkualitas dan berkelanjutan dengan mengusung konsep pelestarian budaya dan lingkungan sehingga desa wisata memiliki peran besar dalam mewujudkan

“Hal tersebut dan harapannya semoga Anambas bisa kita tingkatkan kedepan,” ucapnya.

Editor | Pinni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *