Laksanakan Bakti Sosial, Lanudal Matak Perbaiki Fasilitas Umum di Pelabuhan Matak Kecil

oleh -219 views
Satuan jajaran di bawah Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut bersama masyarakat setempat memperbaiki Pelabuhan Matak Kecil

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Satuan jajaran di bawah Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) melaksanakan kegiatan Bakti Sosial di pelabuhan Matak Kecil, desa Matak Kecamatan Kute Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (16/09/2021).

Bakti sosial yang dilakukan tersebut memperbaiki sarana yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Matak sebagai wilayah kepulauan yaitu dermaga pelabuhan Matak Kecil. Hal ini wujud kepedulian TNI Angkatan Laut terhadap rakyat Lanudal Matak.

Diketahui, dermaga pelabuhan Matak Kecil ini merupakan fasilitas penting yang digunakan sehari-hari oleh masyarakat Matak pada saat melaksanakan perjalanan keluar masuk wilayah Matak melalui jalur laut.

Satuan jajaran di bawah Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut foto bersama masyarakat setempat sebelum fasilitas umum di Pelabuhan Matak diperbaiki

“Untuk itu, dengan kondisi atap dan tiang-tiang di dermaga Matak sebelumnya terlihat cukup memprihatinkan, sehingga Lanudal Matak berinisiatif untuk membantu warga agar lebih nyaman beraktifitas di dermaga, dengan cara melaksanakan perbaikan bagian-bagian dermaga yang sudah tidak layak,” ungkap Danlanudal Matak, Mayor Laut (P) Agus Bakhrudin.

“Perbaikan yang dilaksanakan adalah mengganti seluruh atap dermaga yang sebagian sudah hilang dan sebagian lagi rusak serta melaksanakan penguatan tiang-tiang yang keropos karena karat serta pembuatan pagar pembatas,” sambungnya.

Lanjut ia mengungkapkan dalam pelaksanaan Bakti sosial yang dilaksanakan sejak tanggal 9 September sampai dengan 13 September 2021 lebih lambat dari waktu yang direncanakan karena kondisi cuaca di Matak sering turun hujan, akan tetapi kegiatan Bakti Sosial ini dapat berjalan dengan aman dan lancar, fasilitas dermaga pelabuhan Matak Kecil sekarang semakin baik dan terlihat lebih indah dari sebelumnya.

“Saat ini, atap dermaga sudah tertutup, tiang-tiang penyangga sudah diperkuat dan dicat lagi serta pagar pembatas yang sudah rusak atau hilang sudah dibuatkan lagi lebih kuat dan rapi. Kami juga melibatkan masyarakat sekitar pelabuhan serta warga yang pada saat itu melintas di dermaga dan menyempatkan diri ikut membantu,” ujarnya.

Satuan jajaran di bawah Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut foto bersama masyarakat setempat setelah selesai memperbaiki fasilitas umum di Pelabuhan Matak

Mayor Laut (P) Agus Bakhrudin selaku Komandan Lanudal Matak berharap dengan kegiatan Bakti Sosial ini, dapat mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan fasilitas umum yang ada di Matak, menjaga dan merawatnya serta dapat memanfaatkannya dengan baik.

Kegiatan ini merupakan rangkaian HUT ke 76 TNI AL yang dilaksanakan oleh Lanudal Matak mengacu pada kegiatan besar yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut.

“Dengan semangat Jalesveva Jayamahe TNI AL siap mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh, yang dapat berjalan dengan aman dan lancar berkat didukung dari aparat pemerintah daerah yang ada di Matak, baik dari Kecamatan Kute Siantan maupun Kecamatan Palmatak,” pungkasnya. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *