Rutin Dilakukan, Saber Kelurahan Tarempa Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

oleh -197 views

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Program Sabtu Bersih (Saber) yang dilaksanakan oleh Kelurahan Tarempa kini berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Alhamdulillah karena dari pertama kali Saber dilakukan hingga saat ini, dan saya turun langsung ke masyarakat untuk ikut membersihkan lingkungan di Kelurahan Tarempa akhirnya mulai membuahkan hasil,” ucap Lurah Tarempa, Syamsir, Selasa (19/10/2021).

Lanjut ia mengatakan, Saber yang rutin dilakukan setiap hari Sabtu ini perlahan mulai menggerakkan hati masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar.

“Dimana yang dulunya hanya beberapa orang saja yang ikut membantu, sekarang sudah ramai untuk ikut berpartisipasi dalam Saber ini,” ujarnya.

Tak hanya itu, di tahun 2020 Saber yang diprogramkan Kelurahan Tarempa telah mendapatkan penghargaan dari Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Kita juga diberikan penghargaan oleh pak Bupati Anambas, dan paling penting rating kita terkait Kelurahan Tarempa naik cukup signifikan, yang awalnya kita diposisi 300 an, sekarang diposisi 200 an,” jelas Syamsyir.

Namun sayangnya, meski kesadaran masyarakat berhasil ditingkatkan, Syamsyir menuturkan masih ada didapati masyarakat yang membuang sampah ke sungai.

“Kita mau menghilangkan kebiasaan buruk untuk buang sampah ke sungai ini yang agak sulit, kalau siang mungkin tidak ada, tetapi kadang kalau malam hari masih ada didapati masyarakat yang membuang sampah sembarangan,” tuturnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk terus menyebarkan kebaikan dan menjaga lingkungan sekitar, karena menurutnya, apabila lingkungan sehat, maka masyarakat bisa terhindar dari penyakit. (Pin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *