Dinyatakan Bersalah, Hakim Vonis Mantan Sekdes Tarempa Barat Daya 2 Tahun Penjara

oleh -289 views
Persidangan Tipikor Desa Tarempa Barat Daya di Pengadilan Negeri Tipikor Tanjung Pinang

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Mantan Sekretaris Desa (Sekdes) Tarempa Barat Daya, Iswandi divonis dua tahun penjara karena terbukti melakukan tindak pidana korupsi (Tipikor) dana APBDes Tahun 2020. Vonis itu dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri Tipikor Tanjung Pinang, Senin (29/11/2021).

Dalam Putusan Pengadilan, majelis hakim menyatakan terdakwa Iswandi secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan Tindak Pidana melanggar Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana dirubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 65 ayat (1) ke-1 KUHP.

Majelis Hakim menjatuhkan Pidana terhadap terdakwa Iswandi dengan Pidana Penjara selama 2 tahun dan Pidana Denda sebesar Rp 50.000.000, subsidair 3 bulan kurungan.

Bahwa majelis hakim membebankan kepada terpidana untuk membayar uang pengganti terhadap kerugian keuangan Negara Cq. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas sebesar Rp 180.529.978, dibebankan kepada terdakwa sejumlah tersebut paling lama dalam waktu 1 bulan sesudah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap.

Jika Terdakwa belum membayar maka harta bendanya disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut, dalam hal terdakwa tidak mempunyai harta benda yang tidak mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut maka dipidana penjara selama 1 tahun.

Dalam persidangan berlangsung, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa yang menghadiri persidangan untuk mendengarkan putusan perkara tersebut menyatakan menerima putusan majelis hakim.

Kacabjari Natuna di Tarempa Roy Huffington Harahap mengatakan sidang putusan ini merupakan suatu bentuk adanya kepastian hukum dalam penegakan terhadap tindak pidana korupsi di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Roy Huffington berharap adanya dukungan dari masyarakat Anambas dalam menjalankan tugas selaku aparat penegak hukum di Kabupaten Kepulauan Anambas sekaligus menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dalam mengelola keuangan negara atau daerah.

Sebelumnya diberitakan, terdakwa Iswandi jalani sidang pertama di Pengadilan Tipikor Tanjungpinang, Senin, 6 September 2021, didampingi penasehat hukum, Zefri Idham.

Terdakwa Iswandi yang menjabat Sekretaris Desa Tarempa Barat Daya diduga melakukan tindak pidana korupsi sebesar Rp 180.529.978 menggunakan APBDes Tahun 2020 atas 2 kegiatan yakni Kegiatan Lanjutan Pemasangan Batu Miring dan Semenisasi Jalan Tanjung Pandan dan Kegiatan Semenisasi Jalan Gang Perkuburan Desa. (Pin/Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *