Pergantian Tahun Baru, PLB Desa Air Asuk Gelar Pentas Seni Budaya

oleh -408 views
Pentas Seni Budaya Desa Air Asuk, Kecamatan Siantan Tengah, Kabupaten Kepulauan Anambas

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Pentas Seni Budaya dan kuliner khas Desa Air Asuk, Kecamatan Siantan Tengah memeriahkan perayaan malam tahun baru 2022, yang diselenggarakan oleh Persaudaraan Lestari Budaya (PLB), Jumat (31/12/2021) malam.

Penggelaran yang melibatkan seniman dan sastrawan asal Desa Air Asuk itu menampilkan sejumlah kesenian tradisional diantaranya persembahan radat, silat pangean, sandiwara, zapin dan tarian rekreasi beserta atraksi penyambutan tamu hidangan dengan memakai dulang secara adat.

Pada penggelaran tersebut dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris didampingi Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra dan Sekretaris Daerah Kepulauan Anambas, Sahtiar, Kepala Kemenag Anambas, Herizal, Kadis Kominfotik Anambas, Japrizal.

Abdul Haris yang diberi gelar Dato Setia Amanah mengatakan perhelatan Pentas Seni Budaya seperti ini salah satu kegiatan yang positif dalam menyambut pergantian tahun baru.

“Momentum ini harus kita pertahankan, semoga Pentas Seni yang diselenggarakan di Desa Air Asuk menjadi contoh bagi desa lainnya,” ucap Bupati Abdul Haris dalam kata sambutannya.

Ia memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana dan berpesan agar perhelatan pentas seni budaya ini dilestarikan untuk warisan masa depan.

“Dalam penggelaran seni budaya ini harus ada tindak lanjutnya, maka dari itu kita bangkitkan lagi seni budaya ini agar Desa Air Asuk bisa menjadi tujuan budaya bagi Kabupaten Kepulauan Anambas bahkan Kepri maupun Indonesia pada umumnya,” ujarnya.

Bupati dan Wakil Bupati serta Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas menghadiri Pentas Seni Budaya Desa Air Asuk

Ditempat yang sama, Kepala Desa Air Asuk, Dody Muchdory mengatakan pentas seni ini bukan sekedar kegiatan gemerlapan semata, tapi ajang untuk memberikan sebuah hiburan kepada masyarakat agar dapat membangkitkan budaya dan kuliner khas daerah yang sedikit demi sedikit dikikis akhir zaman.

“Ajang pentas seni ini juga merupakan salah satu wadah untuk kita gunakan dalam melestarikan budaya daerah,” tuturnya.

Dengan festival pentas seni ini, Dody berharap nantinya Desa Air Asuk dapat menjadi ikon desa berbudaya. Untuk itu ia juga mengharapkan dukungan dan motivasi dari semua pihak agar niat baik ini tercapai.

Sementara itu, Raja Trisman selaku Ketua Pelaksana sekaligus Ketua Persaudaraan Lestari Budaya (PLB) mengucapkan ribuan terima kasih atas dukungan dan kehadiran Pemerintah Daerah serta sport pemuda dan masyarakat khususnya Desa Air Asuk.

Selain itu kata Dia, kegiatan berlangsung dengan lancar juga didukung Persaudaraan Silat Pangean (PSP), Karang Taruna Anggrek dan Sanggar (SangMamea) serta Pemerintah Desa, Kecamatan dan Elemen Mayarakat Desa Air Asuk.

“Yang paling terpenting di acara ini yaitu bagaimana kita menjaga warisan budaya dan melestarikannya sebagai aset yang kita hadiahkan kepada generasi berikutnya dan juga ke depan kita jadikan Budaya sebagai destinasi wisata khususnya di Desa Air Asuk,” harapnya. (Pin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.