BUMDes Tujuh Kunci Serahkan PADes Rp 12.806.720 ke Pemdes Batu Belah

oleh -250 views
Serah terima Pendapatan Asli Desa dari BUMDes Tujuh Kunci kepada Pemerintah Desa Batu Belah

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tujuh Kunci menyerahkan Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar Rp 12.806.720 kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Batu Belah, Senin (3/1/2022) di Kantor Desa Batu Belah, Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Diketahui, PADes tersebut didapatkan dari dua hasil usaha BUMDes tahun 2021, yaitu usaha kapal penyeberangan dan penjualan barang sembako.

Ipan S Pratama selaku Direktur BUMDes Tujuh Kunci mengatakan PADes yang didapatkan ini adalah penghasilan selama setahun dari dua usaha dengan total keseluruhan sebesar Rp 217.000.000.

“Alhamdulillah tahun 2021 penghasilan kotor yang kita dapatkan sebesar dua ratus tujuh belas juta rupiah dari hasil usaha yang kami kelola. Namun pengeluarannya juga besar, antara lain operasional kapal penyebrangan dan gaji ABK sebayak 6 orang dan sisanya sekitar empat puluh satu juta lebih,” tuturnya.

Kata Dia, sesuai Peraturan Desa tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga BUMDes yang dibagi dengan perincian beberapa item sesuai dengan persentasenya salah satunya PADes mendapatkan 31 persen.

“Nah hasil itulah yang hari ini kami sampaikan kepada Kepala Desa Batu Belah selaku penasehat BUMDes,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Batu Belah, Babandi mengatakan dibandingkan dengan nilai yang telah dikucurkan ke BUMDes belum begitu maksimal, namun Ia tetap memberikan apresiasi kepada pengurus BUMDes Tujuh Kunci atas kerja keras dalam mengelola dan menjalankan usaha yang sudah bisa menyumbang PADes.

“Alhamdulilah, ini adalah tahun ke 3 Bumdes menyumbang PADes untuk desa, Saya selaku kepala desa sangat bersyukur dan mengapresiasi kinerja kawan-kawan pengurus maupun pengawasan yang selalu aktif dalam mengelola dan menjalankan usaha di Desa Batu Belah,” ucapnya.

Kata Babandi, berkat pengurus mencari celah dukungan modal dari luar APBDes tahun 2021 ini, Bumdes Tujuh Kunci Batu Belah berhasil mendapat suntikan dana dari Kementerian Desa sebesar Rp 75.000.000.

“Insya Allah tahun 2022 desa di Provinsi Kepulauan Riau akan bekerja sama dengan PT Semen Indonesia, salah satunya Bumdes Tujuh Kunci Desa Batu Belah,” ujarnya.

Ia berharap semakin banyak usaha Bumdes maka akan semakin banyak pula peluang lapangan kerja untuk putra putri Desa Batu Belah.

“Saya berharap pengurus lebih serius lagi dan lebih mau belajar lebih giat lagi dalam menata administrasi keuangan desa,” pesannya. (Pin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.