Setor PADes Rp 13.119.000, Kades Putik: Sebagiannya Digunakan untuk Bayar Gaji RT RW

oleh -434 views
Direktur BUMDes Putik Sejahtera menyerahkan PADes kepada Kepala Desa Putik didampingi Kepala Kadus dan staf desa

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Dalam jangka setahun, Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Putik Sejahtera berhasil meraup Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar Rp 13.119.000 dari usaha peralatan nelayan dan oli sepeda motor serta beberapa jenis produk sembako lainya.

PADes yang merupakan pendapatan berasal dari kewenangan desa berdasarkan hak asal usul dan kewenangan skala lokal desa. Dimana pendapatan yang terdiri atas hasil usaha, hasil aset, swadaya dan partisipasi, gotong royong, dan lain-lain.

“Alhamdulillah diakhir tahun 2021, kita memperoleh keuntungan sebesar Rp 81.988.215 dari hasil usaha yang dikelola selama setahun ini,” ucap Direktur BUMDes, Mohd Herman kepada awak media, Senin (3/1/2022).

Dari keuntungan tersebut sambung Herman, “Ini bukan merupakan keuntungan bersih melainkan masih kotor, dikarenakan terdapat beberapa biaya operasional lainya, seperti gaji 1 orang karyawan dan sehingga keuntungan bersih berjumlah  Rp 32.795.286,” katanya.

Dikatannya, sesuai dengan peraturan desa yang sudah disepakati secara bersama dan dituangkan di dalam AD RT BUMDes Putik Sejahtera 40 persen dari keuntungan bersih dijadikan sebagai PADes untuk masuk ke kas desa.

“Dari persenan tersebut dapatlah angka Rp Rp 13.119.000, dan hal ini sudah kami sampaikan kepada kepala desa sebagai penasehat BUMDes dan bukti transfer langsung dikirim di rekening kas desa,” ujarnya.

Terakhir Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Putik yang sudah ikut berpartisipasi dalam hal memajukan BUMDes Putik Sejahtera terutama kepada Kepala Desa Putik yang selama ini sudah mensuport dan memotivasi pengurus BUMDes.

Sementara itu, Kepala Desa Putik, Azman Riadi saat dikonfirmasi membenarkan bahwa pada 30 November 2021 PADes sudah disetorkan oleh pengurus BUMDes Putik Sejahtera ke kas desa.

Kata Dia, dari PADes tersebut nantinya akan digunakan untuk membantu insentif RT RW yang masih belum terbayarkan oleh desa selama 2 bulan.

“Iya, dari PADes ini kita sepakat untuk sebagiannya untuk membayar gaji RT RW yang telah menunggak selama dua bulan. Tentu ini untuk kebutuhan mereka dimasa pandemi,” ujarnya.

Dengan ini, Azman berharap kedepannya BUMDes Putik Sejahtera dapat lebih maksimal lagi dalam mengelola PADes yang berada di desa.

“Kita berharap BUMDes ini dapat meringankan beban desa di saat pandemi Covid. Saya juga mengapresiasi kerja keras para pengurus BUMDes, semoga di tahun 2022 akan memberikan kontribusi terhadap Desa Putik yang lebih baik lagi dan para pengurusnya tetap kompak dan semangat,” pungkasnya. (Pin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *