Goro di KBN, Danlanal Tarempa: Program yang Dicanangkan oleh Pucuk Pimpinan Angkatan Laut

oleh -120 views

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Pangkalan TNI Angkatan Laut Tarempa bergotong royong bersama masyarakat membersihkan Desa Temburun. Pembersihan mulai dari area gapura pintu masuk sepanjang pinggir jalan sampai di taman Wisata Air Terjun Desa Temburun.

Kegiatan tersebut dimulai sejak hari Selasa, 02 Agustus 2022, kemudian dilanjutkan hari ini (Kamis 5 Agustus 2022). Masyarakat Desa Temburun menyambut baik kegiatan ini, terbukti dengan antusias, banyaknya warga yang ikut serta dalam kegiatan pembersihan.

Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla, mengatakan, bahwa kegiatan kerja bakti yaitu melaksanakan pembersihan di Desa Temburun, merupakan awal dari kegiatan atau program yang dicanangkan oleh pucuk pimpinan Angkatan Laut.

“Tidak dapat kita pungkiri bahwa Kabupaten Kepulauan Anambas, sebagian besar masyarakatnya bermukim di area pesisir, maka dari itu masyarakatnya dapat kita golongkan sebagai masyarakat pesisir dan tentunya mereka sudah sangat akrab dengan situasi dan kondisi wilayahnya, bahkan mayoritas menggantungkan hidupnya dari hasil laut,” ucapnya.

Kata Dia, Kampung Bahari Nusantara atau yang disingkat dengan KBN, merupakan Program Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, dalam hal ini diselenggarakan oleh Staf Potensi Maritim Angkatan Laut (Spotmaral) dan jajarannya hingga ke tingkat Satuan Komando Kewilayahan.

“Saya selaku Komandan Lanal Tarempa, akan mendukung sepenuhnya dan melaksanakan program tersebut sebaik-baiknya, pada tahun lalu Alhamdulillah, kita sudah berhasil dengan baik menjadikan Desa Batu Belah menjadi KBN, tentunya dengan dukungan Pemkab Anambas dan program CSR dari perusahaan SKK Migas serta Masyarakat setempat, saat ini kita hanya perlu merawat dan mengawasi agar lebih baik dan maju pada setiap klasternya,” ujarnya.

Lanjut Ia menuturkan, “Pada tahun ini kita memilih Desa Temburun, kecamatan Siantan Timur Kabupaten Kepulauan Anambas, hal ini tentunya sudah melalui beberapa pertimbangan di 5 klaster, yaitu edukasi atau pendidikan, ekonomi, kesehatan, pariwisata dan pertahanan,” tuturnya.

Pembentukan KBN adalah salah satu upaya TNI AL untuk membantu program percepatan pembangunan ditingkat desa untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat desa, kedepan besar kemungkinan desa-desa pesisir lainnya di Kepulauan Anambas akan dicanangkan hal serupa pada waktunya.

Kerja bakti Lanal Tarempa dengan masyarakat desa Temburun yang dilakukan, adalah merupakan tahap awal kegiatan pembentukan KBN di desa tersebut, hingga selanjutnya menjalankan dan membangun Lima (5) klaster utama yang sudah direncanakan kedepan.

Sementara itu, Kepala desa Temburun, Abdul Karim, yang mengikuti langsung kerja bakti bersama warganya mengatakan, sangat bersyukur dan berterimakasih kepada TNI AL, khususnya Lanal Tarempa karena peduli dengan desanya, kegiatan Personel Lanal Tarempa di desanya menjadi motivasi warganya untuk maju, kemudian Kepala desa juga berharap agar kegiatan ini terus berlanjut atau berkesinambungan. (Pin/Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.